5 Jenis Makanan Anjing yang Perlu Diketahui

5 Jenis Makanan Anjing yang Perlu Diketahui

Dog Food atau makanan anjing sangat berbeda dengan makanan yang dikonsumsi manusia. Sebab, makanan hewan peliharaan lebih difokuskan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaan tersebut. Lantas apa saja jenis makanan hewan peliharaan jenis Anjing? Berikut ini daftarnya.

1. Makanan Kering

Mayoritas masyarakat yang memelihara anjing lebih sering memilih makanan kering, karena lebih ekonomis dan praktis. Makanan jenis ini juga tidak perlu dimasak terlebih dahulu dan juga lebih tahan lama.

Selain itu, makanan kering juga berguna untuk membantu menjaga kesehatan gigi. Serta, dengan mengunyah makanan kering, akan membantu dalam menipiskan tumpukan tartar. Akan tetapi, Anda harus memperhatikan detail dari bahan yang digunakan untuk membuatnya dan juga kandungan nutrisinya.

2. Makanan Basah (Kalengan)

Mayoritas hewan peliharaan menyukai wet food (makanan basah) atau makanan dalam kaleng. Jenis makanan ini memang paling mudah ditemukan di pet shop maupun supermarket. Namun, harganya relatif lebih mahal.

Akan tetapi, tidak semua makanan basah ramah untuk sistem pencernaan anjing. Sehingga, Anda harus memastikan terlebih dahulu kandungan protein di dalamnya mudah untuk dicerna. Selain itu, perhatikan juga kandungan airnya. Sebab, semakin tinggi kandungan air, semakin sedikit juga nutrisinya.

3. Makanan Lembek

Makanan lembek atau yang bisa dikenal sebagai semi-moist food merupakan makanan hewan peliharaan yang mempunyai berbagai bentuk yang unik, seperti burger atau potongan daging babi. Namun, jika dibandingkan dengan makanan jenis lainnya, makanan jenis ini mempunyai kandungan nutrisi yang paling rendah.

Justru, kandungan perasa dan pewarna buatannya yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, jangan terlalu sering memberikan makanan jenis ini. Anda bisa memberikannya sesekali untuk camilan atau memvariasikan makanan untuk anjing peliharaan Anda.

4. Makanan Rumahan

Selain ketiga jenis makanan di atas, Anda juga bisa memberikan home cooked atau makanan yang Anda buat sendiri untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anjing Anda. Mengolah sendiri makanan untuk anjing dirasa lebih efektif, karena Anda mengetahui bahan utamanya, kebersihannya hingga proses pembuatannya.

Akan tetapi, biaya yang Anda keluarkan untuk membeli bahan-bahannya juga tidaklah murah. Selain itu, Anda juga harus meluangkan waktu Anda untuk mengolahnya sebelum diberikan ke anjing peliharaan Anda.

Meskipun butuh pengorbanan yang lebih banyak, hasil yang Anda dapatkan akan sepadan dengan usaha yang sudah Anda berikan. Perlu diingat, sebelum Anda membuat makanan sendiri untuk anjing peliharaan Anda, pastikan Anda memahami kandungan nutrisi yang dibutuhkan dan berapa jumlah terbaiknya.

5. Makanan Mentah

Seperti namanya, makanan ini merupakan daging atau tulang mentah yang diberikan langsung ke hewan peliharaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan organ mentah lainnya yang mempunyai kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi.

Mayoritas anjing menyukai makanan mentah. Selain itu sistem pencernaan anjing juga tahan dengan makanan yang belum dimasak. Sebab, anjing mempunyai asam perut yang tinggi dan juga saluran ususnya cukup pendek. Namun, sebelum beralih ke jenis makanan ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Itu dia kelima jenis makanan anjing yang biasa digunakan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dari hewan peliharaan Anda. Dari kelima jenis makanan tersebut, mengolah makanan sendiri memang menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda tidak mempunyai waktu luang yang banyak, Anda bisa memilih kombinasi makanan basah dan kering sebagai alternatif terbaik.