Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Mengapa setiap orang membutuhkan asuransi kecelakaan dari SuperYou? SuperYou memiliki produk Super Safe Protection yang memberikan perlindungan diri yang optimal dari kecelakaan. Kecelakaan lalu lintas merupakan masalah serius di Indonesia.

Menurut angka polisi pada tahun 2017, 3 orang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas setiap jam. Bahkan di masa pandemi COVID-19, Ditlantas Polda Metro Jaya telah melaporkan bahwa pada tahun 2020 telah terjadi 7.565 kecelakaan dengan 1.565 luka berat dan 559 kematian. Apa penyebab utama kecelakaan lalu lintas?

Faktor Kesalahan Manusia 

Faktor kesalahan manusia atau disebut juga dengan human error merupakan penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas. Faktanya, 61% kecelakaan disebabkan oleh faktor ini. Faktor manusia, terkait dengan kemampuan dan kepribadian pengemudi, terbukti menjadi faktor yang mempengaruhi keselamatan lalu lintas. Artinya faktor kesalahan pengemudi meliputi:

  • Mengantuk, kurang konsentrasi atau kelelahan.
  • Tidak mahir atau bahkan tidak bisa mengemudi.
  • Gagal bereaksi saat mengemudi, panik atau bereaksi terlalu lambat.
  • Mengemudi di bawah pengaruh obat-obatan atau alkohol.
  • Melihat perangkat Anda saat mengemudi, apakah itu ponsel atau tablet.

Oleh karena itu, yang terpenting adalah memprioritaskan pengemudi dengan konsentrasi tinggi sebelum berkendara.

Faktor Kondisi Jalan 

Kondisi jalan di Indonesia masih sangat banyak. Selain itu, ada 4 kondisi jalan yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas:

  • Kurangnya cahaya: Terutama di malam hari, kurangnya penerangan jalan mengurangi jarak pandang pengemudi. Jadi mereka hanya bisa mengandalkan lampu mobil di posisi sekitar 1,5 meter saja. Artinya, pengemudi hanya diperbolehkan mengemudi dengan kecepatan maksimum 75 km/jam. Selain itu, kegelapan juga bisa membuat pengemudi mengantuk.
  • Jalan berlubang: salah satu alasan mengapa pengemudi harus mengerem dengan cepat dapat dengan mudah menyebabkan kecelakaan lalu lintas.
  • Tidak ada rambu lalu lintas: Adanya rambu-rambu jalan dapat membuat pengemudi lebih fokus dan waspada ketika ada bagian yang menurun, jalan bergelombang atau tikungan.
  • Belokan tajam: Terutama di jalan raya di mana kendaraan berakselerasi, tikungan tajam bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas.

Faktor Alam

Kondisi alam juga dapat mempengaruhi kondisi lalu lintas. Salah satu kondisi alam yang paling berbahaya untuk berkendara adalah saat hujan deras, membuat jalan licin dan mengurangi jarak pandang pengemudi. Selain itu, faktor alam lainnya, seperti kabut, banjir, gempa bumi atau bencana lainnya dapat menyebabkan kecelakaan.

Sementara itu, Anda dapat melindungi diri sendiri dan keluarga dengan membeli asuransi kecelakaan. Dengan asuransi, Anda akan mendapat ganti rugi jika terjadi risiko kecelakaan lalu lintas yang tidak terduga, baik itu risiko kematian, risiko cacat, hingga risiko biaya pengobatan. Di Super You, Anda bisa mendapatkan perlindungan risiko kecelakaan mulai dari Rp 36.500 per bulan dengan premi tetap.