Makanan Tinggi Kalori yang Baik untuk Bayi

Makanan Tinggi Kalori yang Baik untuk Bayi

Anak anda sudah mulai makan pendamping ASI tapi masih belum juga terjadi perubahan pada berat badan bayi anda? Atau bahkan berat badan bayi malah di bawah ideal berdasarkan umurnya? Apabila hal itu terjadi tentunya sebagai kaum ibu tentunya langsung khawatir, secara sederhana bunda hanya perlu memberikan tambahan asupan kalori harian untuk anak kesayangan bunda.

Jika berkaca dari apa yang di sampaikan oleh salah satu badan pediatris yang berasal dari Amerika atau yang biasa di kenal dengan nama American Academy of Pediatrics (AAP). Bayi yang memiliki umur antara 8 hingga 12 bulan membutuhkan antara 700 hingga 900 kalori setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan energi harian dan itu bisa didapatkan melalui ASI yang merupakan susu tinggi kalori alami. Sedangkan ASI yang di konsumsi oleh anak sehari harus lebih 720ml agar dapat memenuhi kebutuhan kalori harian.

Tapi beberapa kasus yang mengalami berat badan sedikit kurang ideal maka sebaiknya mengkonsumsi kalori lebih tinggi di bandingkan anak-anak lainya.

Ada beberapa makan tinggi akan kalori yang bisa di berikan kepada anak-anak usia 8 sampai 12 bulan yang baik untuk pertumbuhan bayi. Berikut beberapa makanan sumber kalori yang aman untuk bayi

  1. Alpukat

Buah yang satu ini sebenarnya tidak hanya bagus untuk bayi, tapi untuk semua golongan umur memang bagus di konsumsi dalam takaran tertentu. Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan kalori dan cocok untuk program menambah berat badan pada bayi. Hal ini dikarenakan alpukat kaya akan nutrisi, praktis di berikan kepada bayi tanpa perlu pemanis buatan rasanya sudah manis dan lembut dan tentunya alpukat sangat mudah di dapatkan.

  1. Pisang

Di kalangan orang jawa biasanya pisang sudah di berikan sebelum berumur 6 bulan dengan alasan agar bayi cepat kenyang meski tidak di rekomendasikan secara medis. Tapi beberapa kasus bayi yang mengkonsumsi pisang memang secara fisik tubuhnya lebih berisi dan tegap. Alasannya sudah jelas sekali karena tinggi akan kalori, bahkan ketika sesudah atau sebelum olahraga orang dewasa di anjurkan mengkonsumsi pisang untuk sumber energinya.

  1. Ubi Manis

Nah sebenarnya saya pernah mengalami berat badan anak yang kurang ideal pada umur 11 bulan, saat itu hanya mengikuti anjuran katanya mengkonsumsi ubi manis dapat menaikan berat badan tapi setelah beberapa minggu mencoba memang terjadi perubahan pada berat badan anak yang naik secara perlahan.

Ubi manis kaya akan kalori dan kandungan gula serta beta karoten yang sangat baik untuk menaikan berat badan bayi.

Sebenarnya ada beberapa makanan lain yang bisa menjadi sumber kalori bagi anak seperti telur dan keju. Tapi jika berbicara dari harga tentunya 3 makanan di atas merupakan yang harga paling merayat saat ini.

Apabila sudah menerapakan tips dan sudah mengkonsumsi makanan di atas tapi anak masih terlihat kurus seperti anak kurang gizi. Maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter gizi agar anak segera tertangani dengan cepat dan tepat.