Tips Memilih Tempat Bekal Anak Sekolah

Tips Memilih Tempat Bekal Anak Sekolah

Alasan kenapa anak enggan menyantap bekal yang ia bawa adalah bekalnya sangat berantakan. Hal tersebut mempengaruhi mood makan anak dan akhirnya anak enggan menyantapnya.

Akhirnya anak memilih jajan di sekolah. Jadi tidak heran jika bekal yang dibawakan jadi mubazir. Agar bekal anak sekolah tertata rapi, silahkan gunakan tempat bekal anak sekolah.

Ada banyak jenis tempat bekal anak. Usahakan disesuaikan dengan baik agar mood anak menyantap bekal ada. Di artikel ini kami bakal membahas mengenai tips bekal anak yang tepat.

1. Pilih yang banyak kotak penyimpanannya

Tempat bekal yang hanya punya satu kotak penyimpanan hanya cocok untuk satu jenis makanan saja. Sayangnya, anak gampang bosan sehingga kalian harus mengantisipasi.

Caranya dengan membawakan anak berbagai macam makanan di satu bekal. Agar makanan tidak tercampur, kamu harus memilih tempat yang banyak kotak penyimpanannya.

Dengan begitu, kamu bisa mengatur makanan dengan baik. Pilihan tempat bekal ini juga cocok untuk yang ingin membawakan berbagai masakan di satu bekal anak tersebut.

2. Pilih tutup kotak yang kuat

Penutup kotak pada bekal juga sangat penting. Jika tutupnya tidak tersusun dengan rapi, sudah bisa dipastikan bekal yang kamu tata dengan baik akhirnya juga berantakan. Akhirnya tidak termakan oleh anak.

Jadi, selain memperhatikan kotak bekal anak, kamu juga harus memperhatikan tutup kotak tersebut. Pilihlah tempat bekal dengan tutup anti bocor dan kedap udara.

Untuk model tutup kotak tidak menjadi masalah. Kamu bisa menggunakan model pengait plastik, silikon plastik atau sebagainya. Pastikan bahan penutup tidak mengurangi rasa makanan yang disimpan di dalamnya.

3. Pilih model bento box

Seni membawa bekal khas Jepang bisa kamu coba. Konsepnya, bento box adalah memisahkan berbagai makanan berdasarkan jenis makanan tersebut. Artinya, dalam satu box hanya ada satu atau dua jenis makanan saja.

Kotak bekal yang dipilih biasanya berbentuk rantang yang tersusun menjadi dua atau tiga bagian. Satu kotak digunakan untuk menaruh nasi. Sedangkan sisanya digunakan untuk menaruh berbagai lauk.

Kotak bekal ini banyak dipilih karena untuk mengontrol nutrisi dan gizi anak. Dengan memisahkan bekal di bento box, orang tua bisa memperhatikan berapa porsi yang diperlukan anak.

4. Kotak bekal berbahan stainless bisa dipilih

Di pasaran, kotak bekal berbahan plastik dan stainless steel adalah yang paling sering kita jumpai. Kedua bahan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk stainless, bahan ini bisa menjaga kualitas makanan dengan baik. Namun pastikan ada label food grade di kotak bekal agar makanan terjaga dan aman dikonsumsi.

Meskipun memilih tempat bekal anak sekolah sangat sederhana, tapi nyatanya pemilihan kotak yang tepat sangat mempengaruhi nafsu makan si anak. Jadi jangan dianggap remeh ya.